My Indonesia Webtoon List


“Webtoon”, komik yang diterbitkan secara online melalui platform tertentu. Walaupun ada banyak platform (atau aplikasi) yang menerbitkan komik, saya masih setia sama webtoon dari Naver: Line Webtoon. Udah lumayan banyak komik di sana yang dijadiin K-Drama, mungkin karena banyak juga penggemarnya. Waktu awal2 Line Webtoon ada di Indonesia, cuma komik asal Korea yang diterbitkan. Sekarang, banyak banget webtoon orang Indonesia yang diterbitkan di sana. Kualitas gambar dan ceritanya tuh ga kalah sama komik luar. Wihhh seneng banget deh! Walaupun ga terlalu maniak juga sama komik, tapi saya termasuk orang yang suka dengan komik. Jadi seneng2 aja ketika liat komik Indonesia makin keren2.

Kali ini, saya mau nunjukkin webtoon Indonesia yang jadi list Favorite saya πŸ™‚ (urutan tidak menunjukkan apapun).

  • Lara(s) Hati
    Webtoon ini baru beberapa minggu muncul di Line Webtoon. Hal yang membuat saya tertarik, gambarnya mulus banget πŸ˜€ ga terlalu “giung” kaya liat poster tiap scene-nya, tapi pas banget dan enak diliat. Kalau ngeliat dari beberapa episode yang ada, ini webtoon nyeritain satu cowok SMA, Radi, yang berusaha “dapetin” hati Laras. Mungkin tujuannya itu simpel, tapi perbedaan dengan komik2 yang tujuannya serupa adalah jalan cerita untuk sampai ke tujuannya itu. Karena kepo sama komik ini, akhirnya nyari2 ig cerita ini dan nemu lah saya. Dari tokoh2 yang ada, saya malah lebih tertarik sama Tara, hahaha. Worth it buat di-klik favorite.thumb_ipad (1)
  • Komik Moments
    Yang unik dari komik ini adalah satu komik terdiri dari banyak tokoh dan cerita tapi satu sama lain ada kaitannya. Ada cerita romance di SMA dan kuliah. Tapi romance nya itu ga lebay sama sekali. Bahkan lebih ke “secret admirer”, jadi cocok banget sama judulnya. Saya udah suka banget sama komik ini, karena gambarnya, ceritanya, oke. Tapi sayangnya, komik ini udah tamat sekarang. Bukan karena ceritanya yang bener2 udahan, tapi ada suatu “momen” antara para kreator yang mengharuskan komik ini berhenti. Dari cerita salah satu seorang kreatornya di ig-nya Moments, saya jadi tau bahwa kerja kelompok itu sama sekali ga mudah 😦 tapi baru bulan Juni kemarin, Ona, salah satu kreatornya itu, bilang komik Moments mau kembali (yeeyy!), tapi kayanya ga di webtoon.

thumb_ipad (2)

  • Terlalu Tampan
    “Ayah, mengapa aku tampan?”. Hahahaha tag-line nya aja udah absurd gini. Yup, komik komedi yang satu ini kudu ditambah di Favorite deh. Saya udah ngikutin komik ini udah dari Webtoon Challenge. Line Webtoon suka ngadain webtoon challenge gitu buat yang komiknya mau diterbitkan. Waktu di web-chal, gambarnya beda dengan yang sekarang. Dulu gambar cowonya lebih ke tipe2 cowok komik Jepang, garis wajahnya tajem2 gitu lah dan emang tampan banget, hahaha. Ketika webtoon ini resmi diterbitkan di Line Webtoon, ilustratornya ganti dan wajah-nya kalau menurut saya lebih mirip tipe2 cowok komik Korea. Sempet ngerasa “yahh… :(” juga sih ketika ganti gambar, tapi sang ilustrator tetep bertahan dan ngeyakinin para pembaca yang ngikutin dari masa web-chal bahwa komik ini masih tetep bikin ngakak abis. Se-ngakak apa sih? Baca aja sendiri deh!

thumb_ipad

  • Felis Catus
    Webtoon ini masih ada di web-chal. Menceritakan seorang gadis yang punya banyak kucing, tapi pada mati semua karena dibunuhin sama tetangganya. Tapi kemudian kucing ini hidup kembali dan menjelma jadi manusia. Nah, sampe Januari kemarin baru sampai situ dan saya sangat2 penasaran dengan kelanjutannya. Tapi belum ada cerita baru dari author-nya. Ga tau jadinya gimana dengan komik ini, apakah akan dilanjut (berharap masuk webtoon resmi) atau ga.

thumbnail (1)

  • Matahari 1/2 Lingkar
    Saya mulai ngikutin webtoon ini dari web-chal dan baru2 ini udah jadi webtoon resmi, yeeyy! Saya suka gambarnya, ceritanya juga greget. Buat yang suka genre Romantis, pasti suka. Apalagi ini ada 2 sisi gitu, throwback dan di masa sekarang. Yahh you know lah, kadang kalau yang susah move on, kalau throwback itu suka jadi baver. wkwk.

thumbnail

  • Kosan 95
    Penuh dengan Β misteri (tapi bukan hantu2an), tiap episodenya. Saya ngikutin ini karena penasaran terus ini tujuan ceritanya gimana. Sebenernya siapa yang punya kosan itu, terus buat apa bikin perkumpulan di kosan.

Thumbnail_pc

Gimana? Punya salah satu dari mereke di list webtoon kalian? Kalau punya rekomendasi yang lain, kasih tau ya di kolom comment πŸ˜€

**all pictures taken from webtoons.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s