[BOOK-REVIEW] Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan


Buku pertama yang pengen diceritain (*saya milih kata “cerita” karena memang lebih seperti menceritakan pengalaman ketimbang review ^^)  yaitu “Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan”. Saya tau buku ini dari temen. Dia merekomendasikan buku ini, katanya untuk yang belum punya jodoh juga bagus untuk dibaca. Ketika saya membuka halaman demi halaman, buku ini colorful, penuh dengan gambar yang lebih mirip lukisan, kalau cewe2 pasti langsung suka. Dilihat dari isi materi-nya, singkat-singkat banget. Per-halaman itu kaya quotes. Saya bener2 tertarik untuk punya. Kenapa ga minjem? Oke, saya jelaskan pengalaman saya setelah baca buku ini.

Seperti yang udah disinggung tadi, buku ini colorful, banyak lukisan, pattern, pokonya cute. Ada banyak halaman kosong yang hanya berisi pattern. Fungsi halaman ini mungkin untuk ngasih space ke pembaca siapa tau mau nulis sesuatu di sana. Ada juga beberapa halaman yang menyuruh kita untuk menuliskan planning setelah menikah. Itulah kenapa buku ini enaknya punya sendiri karena bisa dijadiin buku diary.
sketch-1499074303024

Dari segi isi materi, kebayang kan satu halaman satu quote? So, buku ini ngasih materi ga neko-neko. Langsung ke hal yang kita harus pahami. Materi ini disusun oleh kumpulan psikolog dan wedding organizer. Jadi, kalau menurut saya, materinya oke banget! Didapet langsung dari ahlinya. Ada bagian yang paling saya suka, yaitu tips untuk berkomunikasi dengan camer dan pasangan. Mungkin karena saya kurang bisa komunikasi, jadi tips ini oke banget buat diterapin (bahkan bisa untuk ke siapa aja, ga hanya camer dan pasangan). Buku ini tepat untuk dibaca bagi yang baru punya niat untuk menikah. Soalnya persiapan pernikahan itu bukan hanya nyiapin event pernikahan, tapi mulai dari keyakinan, setelah nikah planningnya apa, cara komunikasi, dll. Buat yang baru punya niat nikah, buku ini bisa ngasih gambaran dan ngasih tau hal-hal yang harus disiapin jadi niat itu akan makin besar dan siap ketika waktunya tiba (ceileh…).
april_2017-07-03-16-42-43-263

Pertama, kita bakal dikasih tau kenapa butuh persiapan sebelum menikah. Kedua, kita harus paham tentang diri kita dan calon kita. Memang sih kata orang bisa lah sambil jalan kalau masalah memahami karakter si calon. Tapi kalau ada yang bisa kita pahami dari awal walaupun ga semuanya, pasti lebih baik. Kita harus paham diri kita juga supaya bisa komunikasi dengan baik nantinya. Kemudian, kita juga bakal dikasih tau cara komunikasi yang baik dengan camer dan keluarga si calon. Terkadang, perbedaan adat dan budaya dua keluarga itu bisa jadi masalah, nah buku ini ngebahas gimana caranya supaya permasalahan itu bisa diminimalisir.
april_2017-07-03-16-41-19-897

Buku ini bisa kamu tamatin seharian. Tapi buku ini bikin kamu ngerasa ga puas dengan sekali baca. Yup, saya pun udah tamat sekali tapi tetep liat lagi bolak-balik untuk mengingat2 tips-nya. Oiya, memang ‘pasangan’ dalam buku ini lebih menunjuk pada in relationship couple yang mau menuju pernikahan. Yaa.. bagi yang kita yang ga setuju dengan “pacaran”, kita harus bisa memfilter mana yang bisa dilakuin dan mana yang engga.

Untuk masalah harga, memang cukup merogoh kocek sih menurut saya yang masih belum punya pekerjaan tetap, hahaha. Harganya Rp175.000,- di toko buku terkenal. Saya sempet nyari2 di internet, ada yang jual Rp140.000,- (toko online). Tapi ga tau sih itu terpercaya atau ga, karena kalau standar-nya memang Rp175.000,-. Buat yang udah punya pekerjaan tetap, harga segini mah ga seberapa lah. Apalagi kalau dibandingkan dengan konsultasi langsung ke psikolog nya. Saya selalu ingat perkataan ortu saya, “semahal apapun buku, kalau memang itu ilmu, ga ada ruginya untuk dibeli”.

Ada satu pesan yang saya suka nih:
april_2017-07-03-16-42-13-715
Sesuai dengan ajaran Islam, menikahlah kalau sudah siap.

Semoga kita2 yang masih menunggu/mencari jodoh semakin siap untuk menikah ya! 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s