Jalur Transportasi Cileunyi-Bandung Kota


Buat yang bingung harus apke kendaraan apa dari daerah Jatinangor/Cileunyi ke Bandung kota (DU, dago), ada beberapa alternative nih yang bisa dicoba (gara-gara rumah jauh banget dari tempat kerja, semuanya dicobain).

  1. Naik angkot via Caheum. Ongkosnya relative murah, cuma 2x naik angkot pula. Tapi istilahnya “dari ujung ke ujung”. Kadang dapet angkot yang seneng banget ngetem J Dan kalau berangkat di jam kerja (pagi/sore) ada beberapa titik macet, seperti Cibiru, Ujung Berung, Cicaheum, sama daerah Pahlawan. Tapi kalau lagi kosong dan kebagian angkot yang ga ngetem, rute ini paling oke sih. Murah dan jaraknya lebih deket. Pertama naik angkot Cileunyi-Cicaheum (ongkos Rp6000), lanjut Cicaheum-Ciroyom. Nah, kalau yang mau ke DU, angkot ini bisa anter kamu pas di depan DU-nya. Kalau mau ke Dago, turun di Simpang Dago, lanjut angkot Kalapa-Dago deh. Sampai Simpang ongkosnya Rp5000 ya.
  2. Naik angkot via Soekarno-Hatta. Banyak naik-turun memang, tapi lebih cepet (daripada lewat Caheum) karena lewat bypass. Pertama, bisa naik Damri Jatinangor-Elang/TanjungSari-Kalapa atau angkot Majalaya-Gedebage. Kalau kita naik Damri, turun di perempatan Buah Batu (ongkos Rp8000/Rp10000). Lanjut naik angkot Buah Batu-Kalapa sampai Jl.Lengkong (ongkos Rp3000). Lanjut lagi angkot Kalapa-Dago (ongkos Rp5000-Rp6000). Titik macet biasanya sih di Cibiru, Samsat, Perempatan Buah Batu, Jl. Sunda. Selebihnya lancar jaya (apalagi kalau pagi2).
  3. Naik Damri Jatinangor-DU (via Tol). Kalau kamu lagi santayyy banget dan pengen ongkos murah se-murah-murahnya, alternative ini bisa kamu pake. Ongkos Cuma Rp7000, tapi kamu bisa keliling kota Bandung J gimana engga keliling, jalur bis ini dimulai dari Kampus UNPAD Jatinangor, masuk Tol Cileunyi, keluar Tol Moh. Toha, ngetem bentar, masuk jalan besar Moh. Toha, lewat BKR, Jl. Jakarta, Supratman, Gasibu, sampailah di DU. Saya pernah nyoba, siang2 dimana semua jalur yang dilewati relative lancar, 2 jam setengah. Inget! Kamu harus lagi santai! L Ga kebayang kalau pas lagi waktu keluar kantor, berapa titik macet yang harus dilalui?! Tapi emang sangat murah!
  4. Ada 3 travel setau saya dari Jatinangor ke Bandung kota. Arnes (ke Baltos-ongkos Rp20000), Geulis (ke DU-ongkos Rp18000), sama Kiswah (ke DU-ongkosnya belum tau berapa soalnya belum coba). CMIWW kalau ada lagi yang lain ya. Dari DU, bisa pake angkot Caheum-Ciroyom untuk lanjut ke simpang dago (Rp2000). Kalau dari Baltos, bisa naik Cisitu-Tegalega sampe ke Jl. Sangkuriang (ongkos Rp3000), jalan dikit sampe Simpang Dago. Alternatif ini nyaman yang pasti, cepat (lewat tol), tapi tetep harus berhadapan dengan macet sih yaitu di Pasteur. Kalau lagi penuh2nya, sebelum gerbang Tol aja udah macet, keluar Tol macet, di Pasteur macet, pasupati macet. Well, jadinya sama aja sih waktu tempuhnya sama yang lain kalau lagi macet gitu.

Itulah beberapa alternative yang udah saya coba untuk sampe ke Simpang Dago. Kalau dihitung2, waktu tempuhnya mirip2, sekitar 1 jam setengah-2 jam kalau lagi lancar (kecuali Damri, beda sendiri). Silahkan pilih sesuai kebutuhan 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s