Social Computing


“Social” kenapa harus di-“Computing”-kan? Social computing itu bisa berguna untuk menyelesaikan masalah2 sosial menggunakan komputer.

bukannya fungsi program komputer selama ini juga gitu ya? hmm.. kalau selama ini, kebanyakan program komputer itu untuk membantu individu atau organisasi aja, misalnya Sistem Informasi Pegawai yang digunakan untuk perusahaan tertentu saja. sedangkan social computing lebih ke menyelesaikan masalah2 yang ada di masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. selain itu, ciri khas social computing adalah masyarakat berperan dalam memberikan feedback dan program tidak akan berhenti berkembang. jika Sistem Informasi Pegawai sudah memenuhi kebutuhan perusahaan, pasti tidak ada pengembangannya lagi. kalau social computing akan terus berkembang karena masalah sosial itu berkembang, hari ini bisa saja sudah terselesaikan, tapi besok ternyata muncul permasalahan lain.

contoh social computing: membuat aplikasi yang memudahkan pembeli untuk menentukan barang yang akan dibeli di e-commerce berdasarkan product review terhadap barang tersebut (recommender system). namun tidak berhenti sampai di situ. sistem harus meminta feedback dari pembeli setelah menerima barang yang dibelinya, apakah rekomendasi yang diberikan sistem sesuai dengan barang yang diterimanya atau tidak (sekaligus menilai review yang ada untuk barang tersebut dianggap valid atau tidak)? jadi, masyarakat memiliki peran penting untuk mengoreksi aplikasi.

menarik kan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s