TIMES Business Trend-Telkom Group Strategy Development


Late Post (sorry ^^)! Tanggal 7 Maret yang lalu, CEO Telkom (Ir. Arief Yahya, MSc.) datang ke kampus Tel-U untuk memberikan ceramah mata kuliah Studium Generale. Banyak hal yang beliau bagi tentang cara kerja Telkom Group. Beliau memaparkan cara kerja Telkom Group hingga menjadi raja Telekomunikasi di Indonesia saat ini. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kedatangan beliau kemarin, baca artikel ini: http://www.telkomuniversity.ac.id/article/ceo-telkom-group-telkom-sangat-perduli-dalam-meningkatkan-pendidikan.

Walaupun saya datang ke Gedung H dengan ‘ngos-ngosan’, tapi bersyukur masih bisa masuk. Waktunya pas sekali, berbarengan dengan CEO Telkom masuk gedung. Berikut ringkasan yang bisa saya ambil dari materi kemarin (walaupun masih banyak yang kurang, kehabisan kata-kata, hehe).

v  Kesuksesan dapat diraih dengan “4R”, yaitu:

  1. Raga yang sehat.
  2. Rasio atau kepintaran. Seseorang harus pintar jika ingin sukses.
  3. Rasa, yaitu adanya jiwa ingin berinovasi yang tinggi.
  4. Religi, rajin beribadah.

v  Suatu perusahaan dapat dikatakan sukses atau GREAT COMPANY jika di dalam perusahaan tersebut memiliki spirit dan strategy. Telkom Group sudah menerapkan spirit dan strategy ini, yaitu selalu semangat dan selalu memiliki strategi dari waktu ke waktu.

v  Amanat Presiden kepada Telkom:

  • Telkom masuk Fortune 500 Company.
  • Telkom menjadi blue chip di Indonesia.
  • Telkom menggelar broadband.

Amanat Mentri BUMN:

  • Telkom eksis di Indonesia.
  • Telkom menjadi mesin pertumbuhan di Indonesia.
  • Telkom menjadi raja di Indonesia.

Untuk menjalankan amanat para petinggi Negara dan bertumbuh lebih cepat dari pasar, Telkom memiliki keyakinan “mengutamakan yang utama”.

v  Cara berpikir dapat mempengaruhi cara bertindak. Cara berpikir perusahaan (Telkom) ada 3, yaitu:

  • Mikro, memikirkan bagaimana caranya agar keuntungan perusahaan terus bertambah.
  • Makro, memikirkan bagaimana caranya agar customer Telkom merasa puas dengan layanan Telkom dan terus menggunakan produknya.
  • Mega, memikirkan bagaimana Telkom dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Cara berpikir ini dapat diterapkan di kehidupan pribadi manusia, yaitu:

  • Mikro, memikirkan bagaimana diri sendiri dapat hidup bahagia.
  • Makro, memikirkan bagaimana memberikan yang terbaik bagi orang tua dan teman-teman.
  • Mega, memikirkan bagaimana kita dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Dengan cara berpikir di atas, Telkom akhirnya mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya adalah The Best Ais Pacific ICT Award 2013. Dari tahun ke tahun, prestasi Telkom selalu menjadi nomor 1 di Asia.

v  Trend Business saat ini (khususnya di bidang seluler) yaitu paket data (internet). Persaingan antar provider telepon semakin hari semakin ketat. Namun, Telkomsel tetap menjadi provider telepon seluler nomor 1 di Indonesia. Selain paket data, hal yang menjadi trend business saat ini adalah kemajuan hardware dan software seperti. Banyak perusahaan raksasa di dunia (bidang IT) yang semakin berkembang dan jika kita ingin mulai merintis hal yang sama, rasanya mustahil karena akan kalah bersaing dengan mereka. Oleh karena itu, hal cerdas yang bisa dilakukan adalah membuat sesuatu yang memanfaatkan hasil dari perusahaan raksasa tersebut. Program utama Telkom Group yaitu “mengutamakan yang utama”, serta fokus pada satu bidang (telekomunikasi) dan mengembangkannya secara bertahap.

Simpulan?

v  Banyak hal yang dapat diambil dari perjuangan dan cara kerja tim perusahaan Telkom Group, seperti cara berpikir, program “mengutamakan yang utama”, dan focus pada satu bidang yang bisa dikuasai penuh. Hal ini dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama sebagai mahasiswa.

v  Saat ini, banyak perusahaan besar yang sudah menjadi ahli dalam bidangnya, misalnya Telkom yang ahli di bidang telekomunikasi di Indonesia. Sulit bagi kita jika ingin merintis perusahaan yang sama dari 0. Maka, kita bisa memanfaatkan hasil dari perusahaan tersebut ke usaha lain yang bisa kita kerjakan. Misalnya, kita ingin membuat aplikasi yang full video interaction. Kita bisa memanfaatkan paket data dari Telkomsel untuk membantu kita dan pengguna mengakses internet lebih cepat.

Trend Business saat ini adalah paket data (network), device yang semakin canggih, dan aplikasi yang semakin beragam.

Tanggapan saya:
Pertemuan Studium Generale kali ini sangat bermanfaat bagi saya, karena banyak hal yang bisa diambil dari cara kerja Telkom Group. Sebagai mahasiswa, saya perlu untuk menerapkan “utamakan yang utama” yaitu belajar, agar saya bisa selalu berprestasi dan menghasilkan karya yang bermanfaat di masyarakat. Saya juga jadi mengetahui Trend Business apa saja yang sedang berkembang saat ini. Semoga saya bisa menerapkan ilmu yang saya dapat dari pertemuan dengan CEO Telkom Group di Studium Generale kemarin.

Semoga bermanfaat :)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s